Unduh Skripsi Ekonomi Syariah “Strategi Pemasaran Kue Kelelepon (Studi Kasus pada Usaha Kecil dan Menengah Kelelepon Buntut Bukhari Martapura)”

Diposting oleh Brankas Everything




Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memang merupakan salah satu cara pemberdayaan ekonomi rakyat, di mana UKM mempunyai peranan yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Selain itu untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitarnya.

Geliat Usaha Kecil dan Menengah memang sedang menjamur di mana-mana. Hal ini terlihat dari banyaknya usaha yang meliputi jenis usaha yang dibangun sendiri di antaranya kerajinan tangan, usaha makanan, usaha minuman dan sebagainya.

Dunia usaha sendiri tidak pernah lepas dari yang namanya pemasaran. Proses pemasaran menjadi bagian penting dalam menawarkan barang dagangan kepada calon pembeli. Apabila seorang pengusaha mempunyai strategi pemasaran yang bagus, maka usahanya akan cepat berkembang.

Peranan masyarakat semakin penting dan merupakan ujung tombak setiap perusahaan. Keberhasilan usaha suatu perusahaan ditentukan oleh keberhasilan pemasarannya. Pemasaran merupakan proses kegiatan yang mulai jauh sebelum barang-barang/ bahan-bahan masuk dalam proses produksi. Salah satu dari strategi pemasaran yang sering dilakukan oleh suatu perusahaan adalah dengan cara melakukan penyebaran pemasaran itu sendiri, atau lebih sering dikenal dengan istilah bauran pemasaran. Bauran pemasaran itu sendiri didefinisikan sebagai suatu strategi yang dilakukan oleh suatu perusahaan yang dapat meliputi menentukan master plan dan mengetahui serta menghasilkan pelayanan produk yang memuaskan pada suatu segman pasar tersebut telah dijadikan sasaran pasar untuk produk yang telah diluncurkan untuk menarik konsumen sehingga terjadi pembelian.

Strategi dalam pemasaran merupakan suatu cara untuk memenangkan ”perang”. Strategi penting dan diperlukan dalam bisnis begitu juga bisnis syariah, sepanjang strategi tersebut tidak menghalalkan segala cara, tidak melakukan cara-cara yang batil, tidak melakukan penipuan dan kebohongan, dan tidak menzalimi pihak lain.

Oleh karena itu menjadi keharusan bagi pedagang untuk melaksanakan strategi pemasaran dengan cara yang tepat agar dapat memenuhi sasaran yang efektif. Strategi yang dilakukan harus sesuai dengan keadaan pedagang.

Pemasaran UKM dan perusahaan besar sangat jauh berbeda. Kesalahan terbesar dari pelaku UKM adalah mencontoh strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan besar yang bermodal sangat besar untuk diterapkan di perusahaan kecil.

UKM biasanya tidak mempunyai budget untuk pemasaran kalaupun ada biasanya sangat terbatas. Oleh karena itu dituntut kreatifitas yang lebih yaitu dengan mencari cara memasarkan produk atau jasa yang tidak memerlukan biaya atau yang berbiaya rendah.

Berbicara tentang pemasaran dalam usaha kecil dan menengah (salah satunya jajan pasar), maka salah satu jenis usaha kecil menengah di Kalimantan Selatan adalah “Kelelepon Martapura”, dimana kelelepon ini adalah kue tradisional yang berbentuk bulat dengan balutan kelapa parut dan berisi gula merah. Kue ini berasal dari kota yang terkenal dengan tambang intannya, yaitu Martapura, ibukota kabupaten Banjar yang terdiri atas kecamatan Martapura, Martapura Barat dan Martapura Timur.

Berbeda dengan klepon (begitu daerah lain menyebut kue itu) yang biasanya di buat. Kelelepon memiliki ekor pada bagian bulatannya dan juga gula aren yang digunakan merupakan gula pilihan, hal itu yang membuat kelelepon tersebut menjadi kue yang sangat diminati kebanyakan masyarakat banjar.

Kelelepon berbahan dasar tepung beras ketan dan gula aren sebagai isinya serta bagian luarnya dilapisi dengan parutan kelapa muda yang sudah dicampur dengan garam. Warna hijau merupakan cirri khas kelelepon, namun sekarang ini banyak sudah orang memvariasikan warnanya agar tampil lebih menarik. Warna kelelepon biasanya memakai warna alamiah yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, yaitu air perasan daun pandan.

Meskipun usaha kelelepon sudah ada di berbagai daerah, misalnya daerah Manado, tetapi kualitas kemasan dan pilihan rasa kelelepon buntut Bukhari tidak kalah menarik di bandingkan kelelepon dari Manado atau daerah lainnya. Namun hingga saat ini pemasaran kelelepon buntut Bukhari masih belum dapat merambah keluar daerah Kalimantan. Hal ini sangat erat hubungannya dengan cara pemasaran pengusaha kelelepon Bukhari tersebut dalam memasarkan produknya.

Usaha pemasaran kelelepon ini menarik karena banyak yang menjual di pinggir jalan dan lampu merah. Kelelepon Bukhari yang terlihat ramai di pasaran karena kualitasnya terjamin.

Berawal dari latar belakang diatas, penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian mendalam tentang usaha kelelepon yang lebih dikhususkan pada strategi pemasaran dan tinjauan Pemasaran Syariah dalam pemasaran syariah usaha kelelepon. Oleh karena itu, penulis ingin menuangkan dalam sebuah skripsi yang diberi judul : “Strategi Pemasaran Kue Kelelepon (Studi Kasus pada Usaha Kecil dan Menengah Kelelepon Buntut Bukhari Martapura)”.


Ketarangan: Silahkan Download File lengkapnya.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar