Pembangunan Kantor Gubernur Kalsel Di Banjarbaru

Diposting oleh Brankas Everything






Senin, 11 Pebruari 2009, jam 11.00 sirine berbunyi sebagai tanda diawalinya pemancangan tiang pancang pertama pembangunan Kantor Sekretariat Daerah/ Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru oleh Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Ariffin dengan disaksikan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, Muspida Kalimantan Selatan, DPRD Prop Kalsel, seluruh Bupati/Walikota Kalimantan Selatan, Para Alim Ulama dan Tokoh Masyarakat dan undangan-undangan lainnya.

Proyek ini dilaksanakan dengan sistem tahun jamak 2008/2009/2010 dengan nilai kontrak Rp.177.632.000.000,- yang akan dilaksanakan memakan waktu 720 hari kalender ditambah dengan masa pemeliharaan 180 hari kalender. Jadi total waktu selesai siap digunakan 900 hari kalender atau 30 bulan atau 2,5 tahun. Mulai sekarang dan 2,5 tahun ke depan dan seterusnya, tentu akan terlihat dan terasa dampaknya bagi Kota Banjarbaru yang langsung bersentuhan karena de facto berada di dalam wilayah Kota Banjarbaru, begitu juga bagi Kabupaten Banjar yang langsung berdampingan serta Kabupaten Tanah Laut. Tentu dampaknya adalah dampak positif atau menguntungkan bagi ketiga kabupaten/kota tersebut.

Yang pertama adalah akan terjadi perpindahan pegawai yang cukup banyak, dan ini akan mempunyai konsekwensi peningkatan jumlah arus lalu lintas Banjarmasin – Banjarbaru, juga akan banyak perpindahan penduduk dari Banjarmasin ke Banjarbaru dan Martapura khususnya para pegawai golongan menengah ke bawah. Yang kedua, akibat kondisi pertama terjadi tentu akan banyak memberi peluang usaha untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia terutama sandang pangannya serta fasilitas-fasilitas lainnya. Yang ketiga, dengan adanya pusat pemerintahan pemprov ini maka akan banyak tamu pula yang berkunjung ke pemprop baik tamu pusat maupun tamu dari provinsi lainnya, berarti peluang usaha lagi untuk mendirikan hotel-hotel dan restoran yang representatif di Banjarbaru dan Martapura. Mungkin masih banyak lagi dampak-dampak positif yang akan diterima oleh Banjarbaru, Banjar dan tala sebagai akibat adanya pola multiplier effect pembangunan Kantor Gubernur di Cempaka ini.

Namun dampak positif ini harus dipertegas dan disikapi dengan cermat oleh ketiga kabupaten kota tersebut, dan nampaknya mulai sekarang sudah harus mempertimbangkan kembali Rencana Tata Ruang Wilayahnya masing-masing untuk 10,20,30 tahun ke depan dan ini harus dilakukan bersama antara ketiga Kabupaten Kota tersebut, jangan sendiri-sendiri secara parsial. Mungkin akan lebih arif jika pemerintah provinsi sebagai orang tua dan pembina kabupaten/ kota untuk memprakarsainya.

Mari kita do’akan semoga cepat selesai dan segera memberikaan manfaat dan kemaslahatan bagi kita semua. Amin

Sumber: http://yc7lvx.wordpress.com/2009/02/12/dampak-pembangunan-kantor-gubernur-kalsel-yang-baru/

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar